Jumat, 01 Januari 2010

Kamera Hi-tech Pendeteksi Tato Siap Bantu Polisi


London - Sebuah kamera hi-tech diyakini bisa membantu tugas polisi dalam mengungkap kejahatan lewat kemampuannya mendeteksi tato yang tersembunyi. Bagaimana caranya?

Dengan berbekal infra merah yang ditanamkan di kamera canggih inilah, para ilmuwan di University of Derby, Inggris percaya ia bisa mendeteksi tato yang melekat di kulit manusia dan menentukan apakah tato itu asli, ataukah dibuat untuk menutupi tato sebelumnya.

Seni melukis di atas kulit atau tato ini biasanya dipakai penjahat atau pelaku kriminal untuk menyamarkan identitasnya dengan menindih tato sebelumnya. Pihak berwenang yang sebelumnya kesulitan mengidentifikasi, kini dimudahkan dengan kehadiran kamera hi-tech tersebut.

Dengan memakai gadget itu, mereka bisa melihat jika ada lapisan yang tersembunyi atau perubahan yang dibuat di tato aslinya ketika hasil jepretan itu dipampang di monitor komputer. Percobaan terakhir membuktikan, kamera ini mampu memergoki gambar asli berupa setan di punggung seorang pelajar, yang sudah ditutupi dengan gambar kupu-kupu.

Dikutip detikINET dari Sky.com, Selasa (15/12/2009), David Bryson, dosen senior di bidang fotografi dan ilmu forensik universitas berharap, ia bisa menjajal teknologi baru ini di kepolisian. ( sha / faw )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar